Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik versi Tahun Ini

- 13.36

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik versi Tahun Ini

 
1. Apa itu Aplikasi Dapodik? System Aplikasi Dapodik merupakan software penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar serta menengah di lingkungan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok yang telah di sebutkan meliputi sekolah salah satunya sarana serta prasarana, Pendidik serta Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik serta Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel).
2. Kenapa sekolah Perlu mempergunakan Aplikasi Dapodik? Didasari Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 dan Surat Edaran Menteri mengenai software pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwasanya Aplikasi Dapodik adalah software resmi yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar serta menengah. Data dari Aplikasi Dapodik akan dipakai menjdai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar serta menengah semisal: pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, serta program-program lain-lainnya. Oleh lantaran itu sekolah Perlu berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan Dapodik.
3. Apa akibatnya andai sekolah menolak mempergunakan Aplikasi Dapodik? Data Aplikasi Dapodik dipakai menjdai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar. Andaikan sekolah tak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi lantaran data milik orang-orang tak akan hingga ke Kemendikbud. Sekolah yang telah di sebutkan otomatis tak akan tersentuh program-program Kemendikbud.
4. Bagaimana tahapan update software ke versi Tahun Ini?
  • Unduh software versi terbaru (versi Tahun Ini) di laman resmi Dapodikdasmen: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  • Instal software versi Tahun Ini (baca : Download Aplikasi Dapodik versi Tahun Ini + Tatacara Install)
  • Buat folder di direktori C:/prefill_dapodik
  • Generate prefill lalu unduh serta simpen di folder prefill_dapodik
  • Buka software
  • Registrasi yang dengannya prefill yng baru (online ataupun offline)
  • Selesai
5. Apakah Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) serta Madrasah Aliyah (MA) bisa mempergunakan Aplikasi Dapodik? MI, MTs serta MA berada di bawah naungan Kementerian Agama menjadikan tak bisa mempergunakan Aplikasi Dapodik.
6. Jenjang sekolah mana saja yng didata dalam Aplikasi Dapodik versi Tahun Ini? Jenjang pendidikan dasar serta menengah yakni SD, SMP, SMA, SMK, serta SLB.
7. Apakah salah satunya sekolah terpencil serta luar negeri? Ya, tak terkecuali.
8. Apa perubahan di versi Tahun Ini? Selain penggabungan software Dapodikdas serta Dapodikmen menjadi satu, ada pula perubahan antar-muka (user-interface) yng Amat berbeda dari software sebelumnya. Lantas ada beberapa penambahan isian yng mampu dilihat di software Dapodik versi Tahun Ini ini.
9. Apakah username serta password Perlu diganti yang dengannya yng baru? Tak butuh, tetap mempergunakan username serta password yng lama saja, namun andai menemukan masalah yng mengharuskan, maka mampu mengganti username serta password.
10. Peringatan sebagian data tak masuk, apa yang Perlu di lakukan? Silakan lakukan generate ulang prefill serta registrasi ulang. Bila belum sukses, silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat.
11. Perbedaan versi Tahun Ini yang dengannya versi sebelumnya?
  • Secara garis besar perubahan yng mampu terlihat merupakan penggabungan software Dapodikdas serta Dapodikmen menjadi satu software yakni software Dapodik, selain itu terdapat perubahan tampilan antarmuka serta penambahan beberapa isian.
  • Penambahan tabulasi Sekolah Aman.
  • Membuka periode aktif semester 1 tahun ajaran 2017
  • Pengelompokkan validasi
  • Pengisian lebih rinci terkait pendataan PIP
12. Apa yng Perlu di lakukan oleh operator sekolah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali pendataan semester ganjil yang dengannya mempergunakan versi Tahun Ini?
  • Install software versi Tahun Ini
  • Registrasi yang dengannya tatacara online/offline. Prefill dipakai pada era melakukan registrasi offline.
  • Mulai update data : anggota rombel, pembelajaran, serta data periodik lain-lainnya (selengkapnya bisa dibaca di buku manual software)
13. Apakah prefill yng lama mampu dipakai di software versi Tahun Ini? Tak, Perlu lakukan generate ulang prefill sebelum mengawali proses pendataan (andai registrasi mempergunakan metode offline). Jangan di buat biasa mengoleksi prefill, hendaknya melakukan generate ulang prefill disaat akan mengawali pendataan.
14. Bagaimana bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah baru, sekolah merger serta sekolah yng telah tutup? Laporkan ke dinas pendidikan kab/kota setempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk di teruskan ke pusat selanjutnya admin pusat yng akan melakukan tindaklanjut permasalahan yang telah di sebutkan.
15. Apakah software ini masih bersifat bisa atau mampu bekerja dalam keadaan offline? Ya, mekanisme yang telah di sebutkan masih tetap berlaku di versi ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk meakomodir bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah-sekolah yng mempunyai keterbatasan akses internet.
16. Kapan paling lambat pengiriman data dapodik? Pengiriman dapodik telah di atur dalam software per semester.
17. Dimana saya mampu memperoleh software dapodik versi Tahun Ini? Lakukan pengunduhan installer software melalui website resmi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
18. Kapan masa berlaku software versi Tahun Ini? Masa berlaku software versi Tahun Ini berakhir pada tanggal 31 Desember Tahun Ini. Selanjutnya kelak akan diumumkan updater software selanjutnya.
19. Disaat data masih invalid ( warna merah ) apakah masih mampu syncron? Tak. Pastikan seluruh data yng berwarna merah telah bersih, hal ini di maksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kualitas data yng dikirimkan oleh sekolah.
20. Lalu apa yng Perlu di lakukan disaat masih ada data yng invalid ( warna merah )? Perbaiki sesuai yang dengannya data invalidnya, lakukan validasi kembali, lalu sinkronisasi.
21. Andai peringatan warning ( warna kuning ) apakah mampu melakukan sinkronisasi? Mampu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng bertanda warning masih mampu diberikan keringanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengiriman data masih di ijinkan, akan tetapi demikian diharapkan peringatan warna kuning yang telah di sebutkan di perbaiki hingga bersih validasinya.
22. Apa yng dimaksud yang dengannya data periodik, lalu bagaimana tatacara mengisinya?
  • Data periodik merupakan data yng Perlu diupdate setiap periode semester tahun pelajaran, data semester lalu akan tersimpang menjdai histori serta data semester selanjutkan Perlu diisikan ulang lantaran dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi.
  • Tatacara mengisi bisa di lakukan secara manual (input ulang) ataupun mempergunakan fitur yng telah di sediakan pada action menu lanjutkan data periodik PD ataupun PTK, data yng tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap.
23. Andai ada siswa mutasi dari sekolah lain apa yng Perlu di lakukan?
  • Mampu mempergunakan fitur mutasi online (tarik PD online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) ataupun mutasi manual (input ulang pada software), fitur ini bersifat pilihan.
  • Tak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada software), andai telah melakukan mutasi online (tarik PD online).
24. Andai ada PTK mutasi/mencari jam tambahan di sekolah lain apa yng Perlu di lakukan? Mampu mempergunakan fitur mutasi PTK online (tarik PTK online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id), agar sekolah baru tak butuh menambahkan/ inputkan PTK di sekolah baru/ sekolah ke 2 secara manual.
25. Disaat sinkronisasi, berapa lama data masuk ke dalam server? Data masuk kedalam database serta profil sekolah secara realtime, namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk agregat data muncul dalam waktu 1x24 jam.
26. Apa yng dimaksud yang dengannya dokumen pakta integritas? Dokumen yng menyatakan keabsahan data dapodik oleh sekolah secara online bagi atau bisa juga dikatakan untuk di bubuhi ciri tangani oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, dinas kabupaten/kota.
27. Apa yng Perlu sekolah lakukan yang dengannya dokumen pakta integritas yang telah di sebutkan? Dokumen yang telah di sebutkan bisa di serahkan oleh pihak sekolah kepada dinas pendidikan kab/kota.
28. Kapan dokumen yang telah di sebutkan di kumpulkan? Dokumen pakta integritas bisa di unduh web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada era data sekolah telah terasa data lengkap, benar serta mutakhir, bagi atau bisa juga dikatakan untuk selanjutnya dokumen yang telah di sebutkan di ciri tangani oleh sekolah, pengawas serta dinas pendidikan kab/kota.
29. Apakah pengawas, kepala sekolah, KKDatadik terlibat dalam dokumen pakta integritas? Ya. Ketiga pihak tadi mengverifikasi data dapodik yng terkirim ke pusat.
30. Penggunaan kurikulum 2013 tak diizinkan pada software Dapodik? Laporkan sekolah kepada dinas pendidikan di daerahnya agar dilaporkan kepada Puskurbuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk di daftarkan agar mampu melanjutkan Kurikulum 2013.
31. Bagaimana tatacara merubah nama operator pada software dapodik? Lakukan pengupdatean data pemakain pada Manajemen Pemakain. Ada pada menu Pengaturan >> tabel pemakain >> masukan kode registrasi >> lakukan perubahan penggantian nama pada manajemen pemakain
32. Sekolah kami berstatus Negeri, namun mengapa mendapatkan BOS = Tak? Perbaiki data isian mendapatkan BOS di data rinci sekolah.
33. Peta koordinat sekolah salah posisi? Lakukan perubahan melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/. Login mempergunakan akun SDM yng telah di registrasikan lantas lakukan syncron pada software dapodik.
34. Bagaimana tatacara mengupdate versi software? Cek koneksi internet Perlu terhubung ke internet. Lakukan pengupdatean versi melalui menu pengaturan lantas pilih Cek Pembaruan, andai laptop dalam keadaan online/terhubung internet. Maka akan terunduh secara otomatis.
35. NISN tak muncul di software Dapodikmen? Cek kembali penginputan pada vervalpd apakah telah melakukan konfirmasi data, andai pada vervalpd belum melakukan konfirmasi data maka data NISN siswa tak akan muncul pada software Dapodikmen.
36. Bagaimana tatacara mengajukan NUPTK melalui dapodik?
  • Lakukan pengisian dapodik secara benar.
  • Kosongkan tabel NUPTK pada software dapodik (yng belum memiliki NUPTK), serta yng akan memvalidasi merupakan pihak dari PDSP akan di terbitkan sesuai yang dengannya kebutuhan guru di daerahnya masing-masing serta sesuai yang dengannya pengajuan dari Direktorat GTK.
37. Apakah validasi serta sync mengalami perubahan? Tak ada perubahan, percis yang dengannya semester 2, baik tatacara serta metodologinya.
38. Apakah data yang invalid (merah) mencegah pengiriman data (sync)? Ya. Data invalid akan mencegah pengiriman data (sinkronisasi).
39. Kapan Aplikasi Dapodik versi Tahun Ini (expired)? Sesuai yang dengannya periode semester I tahun ajaran 2017 yakni tanggal 31 Desember Tahun Ini.
40. Andai ingin beralih komputer ataupun laptop bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik, apa yng Perlu di lakukan?
  • Di komputer yng baru: generate ulang prefill baru, lalu instal software serta registrasi semisal biasa. Maka akan muncul data hasil sinkronisasi yang terakhir;
  • Di komputer yng lama lakukan uninstall software;
  • Andai tak di lakukan tahapan semisal di atas, akan terlaksana data berganda.
41. Aplikasi Dapodik paling baik diinstall di PC ataupun di laptop? Disarankan diinstal pada laptop lantaran mobilitasnya lebih baik. Andai terlaksana sesuatu yang dengannya Aplikasi Dapodik, laptop mampu dibawa bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsultasi perbaikan data serta software.
42. Bagaimana spesifikasi hardware minimal agar lancar mempergunakan Aplikasi Dapodik?
  • Processor minimal Pentium Core Duo
  • Memory minimal 2 GB
  • Storage tersisa minimal 400 MB
  • CD/DVD drive andai instalasi melalui media CD/DVD
43. System Operasi (Operating System) apa yng paling baik dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk Aplikasi Dapodik? Disarankan mempergunakan Windows 7. Walau demikian, Aplikasi Dapodik pula bisa berjalan di System Operasi yang akan di sajikan kali ini:
  • Windows 7 32 & 64 Bit
  • Windows 8 32 & 64 Bit
  • Windows 8.1 32 & 64 Bit
  • Windows 10 32 & 64 Bit
44. Peramban (Browser) apa yng paling baik dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan Aplikasi Dapodik? Peramban yng direkomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai merupakan Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.
45. Bagaimana tatacara melakukan setting agar Aplikasi Dapodik bisa dibuka di peramban yang telah di sebutkan? Aplikasi Dapodik berjalan di peramban bawaan (bawahan browser) di komputer. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa membuka software melalui shortcut yng ada di desktop, silakan setting peramban yng akan dipakai menjdai peramban bawaan di komputer. Aplikasi Dapodik pula bisa diakses yang dengannya mengetik alamat localhost di navigasi peramban.
46. Di mana saya bisa mengunduh software yang telah di sebutkan ? Di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
47. Apakah kode registrasi berganti di versi Tahun Ini? Tak. Secara bawahan, kode registrasi sekolah tak mengalami perubahan. Akan tetapi andai ingin merubah kode registrasi lantaran sesuatu hal (keamanan data), sekolah bisa melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Walau demikian, diharapkan hati-hati dalam me-reset kode registrasi lantaran software kode registrasi lama akan ditolak oleh system pada era sinkronisasi.
48. Apa yng dimaksud yang dengannya kode registrasi? Sebuah kode unik serta sesuatu yang di sembunyikan yng dibuat oleh system menjdai kunci aktivasi Aplikasi Dapodik. Kode ini bersifat unik, pengertiannya masing-masing sekolah mempunyai kode registrasi yng berbeda-beda.
49. Apa fungsi kode registrasi? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan aktivasi disaat sekolah akan mengawali entri data sekolahnya. Kode ini pula bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunduh data prefill serta melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Selain itu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.
50. Di mana sekolah saya mampu memperoleh kode registrasi? Tatacara mendapatkannya merupakan yang dengannya menghubungi Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
51. Apa syarat memperoleh kode registrasi? Syaratnya, sekolah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta terdaftar di dalam rujukan Pusat Data serta Statistik Pendidikan serta Kebudayaan (PDSP-K) Kemendikbud. Andaikan belum terdaftar, segera perbaharui ke PDSP ataupun menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Cek data NPSN mampu di lakukan di rujukan.data.kemdikbud.go.id >> Data Master >> pilih jenjang yng dimau-kan.
52. Andai tak mempunyai NPSN, apakah sekolah kami mampu memperoleh kode registrasi? Tak. Solusinya merupakan yang dengannya mengurus NPSN berlebi dahulu. Sesudah mempunyai NPSN, otomatis mampu didaftarkan agar memperoleh kode registrasi. Hal ini dimaksudkan agar keabsahan sekolah yang telah di sebutkan resmi terdaftar di Kemendikbud.
53. Apakah NPSN sementara yang dengannya format NPxxxxx mampu dibuatkan kode registrasinya? Ya, Lantaran itu NPSN sementara yng dikeluarkan PDSP.
54. Apa yng Perlu di lakukan andai tidak ingat yang dengannya kode registrasi sekolah? Solusinya mampu segera menanyakan kode registrasi sekolahnya kepada dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.
55. Apa akibatnya andai kode registrasi diketahui oleh sekolah lain/pihak lain? Kode registrasi itu bersifat sesuatu yang di sembunyikan. Jadi jangan hingga diberitahukan ke sekolah lain-lainnya lantaran menyangkut data masing-masing sekolah. Dikhawatirkan kalau hingga diketahui oleh sekolah/pihak lain, maka data sekolahnya akan dipakai oleh orang-orang yng tak bertanggung jawab.
56. Apakah kode registrasi tahun ajaran 2017 ini percis yang dengannya tahun sebelumnya? Ya. Akan tetapi andai sekolah ingin merubah kode registrasi lantaran sesuatu hal, maka bisa diubah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.
57. Apa fungsi lain dari kode registrasi? Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk kode aktivasi pula bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunduh data prefill per sekolah melalui dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Di samping itu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeriksa data individu sekolah di progres pengiriman bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan datanya telah percis yang dengannya di server.
58. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah baru, bagaimana prosedur memperoleh kode registrasi? Melalui dinas pendidikan kabupaten/kota. Ajukan nomor NPSN ke PDSP yang dengannya melampirkan dokumen-dokumen kelengkapan administrasi perizinan sekolah serta SK izin operasional. Sesudah memperoleh NPSN maka bisa mengajukan kode registrasi ke
59. Apa akibat bila kode registrasi dipakai oleh dua sekolah ataupun lebih? Akibatnya akan fatal. Data kedua sekolah yang telah di sebutkan akan bercampur menjadi satu. Ini Amat tak dianjurkan. Lantaran itu, pastikan kode registrasi yang telah di sebutkan benar-benar milik sekolah yang telah di sebutkan serta tak diketahui oleh orang lain. Bila telah telanjur, solusinya merupakan generate ulang prefill serta lakukan prosedur instalasi semisal semula yang dengannya mempergunakan data prefill yng baru. Bersihkan data berganda yang telah di sebutkan lalu lakukan sinkronisasi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah yng kedua meminta ke dinas kabupaten/kota bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuatkan kode registrasi baru.
60. Apakah bisa merubah kode registrasi? Ya , melalui fasilitas ganti/reset kode registrasi di dinas kabupaten/kota. Fitur ini dimaksudkan disaat kode registrasi diketahui oleh pihak lain yng tak bertanggung jawab ataupun pergantian operator, maka perubahan ini bisa di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari hal-hal yng tak dimau-kan. Reset kode registrasi tak menghilang-kan data. Akan tetapi yng butuh diingat, kode registrasi lama yng telah direset tak bisa melakukan sinkronisasi.
61. Kode registrasi ini apakah bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan administrasi kelembagaan? Tak. Kode registrasi ini cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan teknis operasional penggunaan Aplikasi Dapodik saja, bukan menjdai nomor administratif semisal Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ataupun Nomor Unik Pendidik serta Tenaga Kependidikan (NUPTK).
62. Apakah kode registrasi bersifat permanen? Ya, selama pendataan Dapodik masih berjalan secara berkelanjutan.
63. Apa definisi data prefill? Prefill merupakan data sekolah beserta isinya yng sudah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini merupakan database sekolah hasil pengiriman yang terakhir Dapodik. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya bisa berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator sekolah tak melakukan input data bagi atau bisa juga dikatakan untuk kedua kalinya.
64. Apakah fungsi data prefill? Data prefill berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk registrasi serta berisi data-data sekolah yng sudah dimasukkan pada software sebelumnya.
65. Dimana mampu memperoleh data prefill? Data prefill mampu didapat di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Pastikan data prefill yang telah di sebutkan yng terbaru (update) melalui generator prefill.
66. Apa yng dimaksud yang dengannya generate data prefill? Updating data awal prefill yang dengannya hasil sinkronisasi yang terakhir ke server. Menjadikan data prefill menjadi ter-update yang dengannya data kiriman ke server yang terakhir.
67. Dimana bisa difasilitasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan generate prefill? Generate prefill mampu di lakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat bagi atau bisa juga dikatakan untuk generate prefill merupakan: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/prefill. Fasilitas ini semacam simpen lokal secara nasional.
68. Andai komputer bermasalah (hilang, rusak, ataupun ubah komputer) apa yng Perlu di lakukan? Lakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi semisal prosedur awal instalasi. Yang dengannya demikian, pada software lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yng yang terakhir. Hal ini penting serta butuh di lakukan agar operator tak menginput data dari awal lagi. Andai prosedur ini tak di lakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, lantaran data di server telah pernah ada.
69. Apakah bisa mempergunakan data prefill tahun ajaran sebelumnya? Tak mampu, lantaran struktur berbeda serta data tahun sebelumnya telah melalui proses “cleansing”/pembersihan data. Pastikan Kamu mempergunakan data prefill terbaru bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan proses input data di tahun ajaran baru.
70. Dimana mampu didapatkan master installasi Aplikasi Dapodik? Master Aplikasi Dapodik mampu diunduh lewat alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduh software.
71. Apa fungsi Pengaturan Port dalam proses installasi Aplikasi Dapodik? Fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan letak server lokal yng akan diinstalkan serta bertujuan agar software mampu berjalan sempurna. Tak butuh ganti port disaat instalasi. Biarkan system mengaturnya.
72. Bagaimana andai instalasi software berhenti di bagian konfigurasi server? Mampu jadi port defaultnya telah terpakai menjadikan software tak mau terinstal. Solusinya segera hapus software yng mempergunakan port bawahan Aplikasi Dapodik.
73. Bagaimana tatacara melakukan uninstall Aplikasi Dapodik? Buka control panel > Program and Features> Dapodik > klik uninstall. Lantas akan muncul kotak kecil berisi pernyataan menghapus software > pilih Ya. Tunggu hingga muncul keterangan Aplikasi Dapodik sukses dihapus dari komputer Kamu.
74. Apa yng terlaksana sesudah registrasi yang dengannya file prefill ini? File terebut akan hilang yang dengannya sendirinya sesudah registrasi sukses. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan file ini cuma satu kali saja sesudah sekolah melakukan proses input data. Selanjutnya mempergunakan mekanisme generate ulang prefill.
75. Data apakah yng diinputkan era registrasi?
  • Nama Lengkap
  • Username (email)
  • Password
  • Konfirmasi Password
  • Kode Registrasi
- Nama : Lakukan input sesuai nama lengkap operator sekolah menjdai PIC (penanggung jawab teknis data sekolah) - Username (email) : usahakan unik, maksudnya 1 sekolah mempergunakan 1 email yng berbeda yang dengannya yng lain. - Nomor telepon : ini merupakan nomor handphone operator sekolah, diawali 08xxx… ini menjdai narahubung andai ada berita. - Kode registrasi : pastikan kode registrasi ini merupakan milik sekolah Kamu.
76. Apa yng Perlu di lakukan andai era registrasi muncul keterangan “kode registrasi tidak ditemukan”? Cek pada folder prefill yng ada di C:/ prefill_dapodik, apakah prefill-nya telah diunduh serta disimpan pada folder yang telah di sebutkan ataupun belum. Kalau belum maka segera unduh prefill-nya pada alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduhan Download Data Prefill, lantas masukkan kode registrasi. Sesudah itu klik unduh di goresan pena sini. Langkah selanjutnya simpen di folder C:/ prefill_dapodik.
77. Apa yng Perlu di lakukan andai era registrasi muncul keterangan “beberapa data tak masuk’’ Hubungi KKDatadik kabupaten masing-masing ataupun hubungi Customer Service Dapodik pusat.
78. Apa yng Perlu di lakukan andai nama sekolah di software tak sesuai? Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminta bantuan merubah nama sekolah. Semisalnya dinas kabupaten/kota tak mampu, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.
79. Apa yng Perlu di lakukan andai nama kabupaten/kota di software tak sesuai? Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminta bantuan merubah nama sekolah menjadi yng sebetulnya. Semisalnya dinas kabupaten/kota tak mampu, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.
80. Apa yng Perlu di lakukan andai nama kecamatan di software tak sesuai? Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminta bantuan merubah nama sekolah menjadi yng sebetulnya. Semisalnya dinas kabupaten/kota tak mampu, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.
81. Apa yng Perlu di lakukan andai di Beranda terdapat keterangan “kepsek belum dipilih”? Silakan buka Aplikasi Dapodik, lalu pada tab PTK pilih nama Kepseknya, lalu klik tombol ganti. Lihat pada bagian rincian data PTK pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah lalu masukkan data kepseknya. Sesudah seluruh data selesai diinput, lantas klik simpen.
82. Bagaimana prosedur input data yng benar? Penginputan data yng benar sesuai yang dengannya yng ada di lapangan serta teratur, dimulai dari input data sekolah, sarana prasarana, peserta didik, PTK, Rombel, serta sebagainya.
83. Di mana mampu didapatkan formulir pendataan Aplikasi Dapodik? Formulir mampu didapat melalui website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
84. Apakah di software terdapat tatacara pengisian data? Di software ada tatacara dalam pengisian data berupa tombol “help” berupa ciri Tanya (?). Tombol yang telah di sebutkan berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberitahu operator kalau ada inputan yng tak diketahui mampu dilihat melalui bantuan yang telah di sebutkan.
85. Dapatkah 1 komputer dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah? Bagi lembaga yng menaungi dua sekolah mampu mengerjakan pengisian data dalam 1 laptop. Tatacara pengerjaannya:
  • Siapkan kode registrasi serta file prefill seluruh sekolah yng akan dimasukkan;
  • File prefill kedua sekolah yang telah di sebutkan dimasukkan ke folder yang dengannya nama prefill_dapodik di drive C;
  • Siapkan user/email yang berbeda bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap sekolah, jangan mempergunakan user serta password yng percis;
  • Lakukan registasi sekolah pertama;
  • Login mempergunakan user serta password sekolah pertama;
  • Lakukan registrasi peserta didik, serta isi penugasan PTK berlebi dahulu;
  • Lakukan registrasi sekolah kedua;
  • Login mempergunakan user serta password sekolah kedua;
  • Isi registrasi peserta didik, da nisi penugasan PTK;
  • Dst.
86. Dapatkah entri satu data sekolah dikerjakan oleh beberapa operator pada laptop berbeda? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah pengerjaan satu sekolah mampu dikerjakan oleh beberapa orang operator yang dengannya mempergunakan laptop yng berbeda. Tatacaranya yang dengannya mempergunakan LAN ataupun IPCONFIG yng di-share oleh Laptop/PC server. Namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan sinkronisasi cuma mampu di lakukan oleh komputer utama yng dijadikan server.
87. Bagaimana andai sesudah dipindahkan ke tabel utama, data PTK/Peserta Didik hilang? Bila sesudah menambahkan data PTK ataupun Peserta Didik baru, baik itu pindahan ataupun baru, datanya tak tampil di tabel utama, silakan lakukan sinkronisasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil data dari server agar SP (Store Prosedure) berjalan serta PTK/Peserta Didik mampu tampil di tabel utama. Ataupun klik Action Menu lalu pilih PTK “belum penugasan”, ataupun tampilkan data peserta didik belum registrasi serta lakukan refresh yang dengannya menekan tombol ctrl+f5,
88. Apa solusinya andai terlaksana kesalahan input nama, tanggal lahir, serta NISN peserta didik? Mampu diedit ataupun diperbaiki melalui vervalpd.data. kemdikbud.go.id Sesudah melakukan suting data, silakan sinkronisasi agar perubahan turun ke lokal (Aplikasi Dapodik di sekolah).
89. Mengapa data individu Peserta Didik, PTK, serta rombongan belajar berbeda antara Aplikasi Dapodik serta server? Kesalahan jumlah umumnya terlaksana lantaran pengisian data di software double, ataupun terlaksana duplikasi data di server. Tatacara menormalkannya, silakan lakukan generate prefill, lalu instal ulang aplikasinya serta lakukan registrasi yang dengannya mempergunakan username serta password yng percis. Sesudah itu lakukan sinkronisasi.
90. Bagaimana andai sekolah kami ingin melakukan merger yang dengannya sekolah lain? Silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat yang dengannya menyerahkan SK Penggabungan dari dinas, ataupun mampu melalui email resmi yng tertera di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, Lampirkan SK serta data pendukung yng diharapkan dan daftar data yng akan digabungkan.
91. Bagaimana tatacara memperoleh kembali data yng sudah kita isi bila laptop serta PC di kenai virus ataupun hilang? Data mampu diambil kembali andaikan sekolah pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya. Data mampu diambil yang dengannya melakukan generate prefill yng mampu di lakukan sekolah sendiri ataupun melalui dinas kabupaten/kota. Sesudah di generate, silakan instal aplikasinya serta lakukan registrasi yang dengannya username serta password yng percis.
92. Apakah fungsi menu update versi sinkronisasi? Tombol yang telah di sebutkan fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbarui perubahan software sync yng ada di software lokal yang dengannya di server.
93. Bagaimana parameter sinkronisasi yng sukses? Pada kotak perubahan apa saja yng sebelumnya berisi pemberitahuan data yng telah ditambah, update, hapus akan tertera di situ. Andai parameter sinkronisasi sukses maka kota perubahan yang telah di sebutkan hilang.
94. Apa parameter/ciri-ciri data sudah sukses terkirim seluruh ke server? Mampu dilihat dari tabel perubahan, datanya menjadi kosong. Lantas cek laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, data hasil sinkronisasi sudah muncul berikut tanggal sinkronisasi yang terakhir.
95. Di mana kita bisa mengecek hasil pengiriman sinkronisasi Aplikasi Dapodik? Pengecekan data individu sekolah mampu di lakukan di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pilih menu “Progres Pengiriman”. Pilih provinsi lalu kabupaten dan kecamatan tempat sekolah berada. Pilih nama sekolah lalu masukkan kode registrasi andai hendak melihat data individu sekolah hasil pengiriman dari Aplikasi Dapodik.
96. Andai ada sekolah merger, apa yng Perlu di lakukan?
  • Dinas Pendidikan setempat menghubungi Pusat bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan proses merger.
  • Proses merger di Pusat bisa mengalihkan data PD, PTK, serta Prasarana secara otomatis dari sekolah yng dilebur ke sekolah induk tanpa Perlu menginput ulang.
  • Sesudah proses merger selesai, sekolah induk melakukan generate ulang prefill baru serta diregistrasikan semisal biasa yang dengannya mempergunakan kode registrasi sekolah induk. Sekolah yng dilebur akan otomatis terhapus di Pusat.
  • Akan terlihat PD, PTK, serta Prasarana di sekolah yng dilebur otomatis masuk ke sekolah induk.
97. Andai ada sekolah tutup ataupun berhenti beroperasi, apa yng Perlu di lakukan? Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan melakukan penutupan sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data di Aplikasi Dapodik akan berganti mengikuti data di vervalsp.
98. Andai ada sekolah berubah nomenklatur, apa yng Perlu di lakukan? Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan melakukan perubahan nomenklatur sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data di Aplikasi Dapodik akan berganti mengikuti data di vervalsp.
99. Andai ada sekolah baru, apa yng Perlu di lakukan? Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan menambahkan sekolah baru melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) akan diterbitkan oleh Pusat Data serta Statistik Pendidikan (PDSP) serta secara otomatis kode registrasi bisa diterbitkan serta diunduh di manajemen pendataan (akses dinas). Lantas sekolah melakukan proses instalasi software versi 4.0.0 generate prefill, serta registrasi semisal biasa.
100. Andai terlaksana kesalahan identitas sekolah yng dikunci di Aplikasi Dapodik semisal NPSN, alamat sekolah, kecamatan, SK Izin Operasional, desa, dll, apa yng Perlu di lakukan? Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan merubah identitas sekolah yang telah di sebutkan melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id serta otomatis akan memperbarui data di Aplikasi Dapodik era melakukan sinkronisasi.
101. Bagaimana andai ada pertanyaan terkait integrasi Kurikulum 2013 serta Aplikasi Dapodik? Silakan hubungi laman: pengaduan.kemdikbud.go.id.
102. Andai sekolah ataupun dinas tetap mempertahankan implementasi Kurikulum 2013 di luar sekolah yng ditentukan, apa yng Perlu di lakukan? Hubungi laman: pengaduan.kemdikbud.go.id.
103. Sekolah saya ada di daftar validasi pada laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, apa yng Perlu di lakukan? Lakukan perbaikan sesuai yang dengannya berita data invalid.
104. Andai sekolah saya masuk ke dalam validasi Rombel berganda, apa yng Perlu di lakukan?
  • Lakukan generate ulang prefill yng baru, registrasikan yang dengannya prefill baru yang telah di sebutkan yang dengannya username serta password berbeda ataupun percis (tak masalah);
  • Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yng berganda yang telah di sebutkan;
  • Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, lantas Rombel bisa dihapus.
105. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa pindah ke sekolah lain bagaimana ? Tak boleh dihapus, namun registrasikan siswa yang telah di sebutkan, isi alasan keluar lantaran…… (sesuaikan yang dengannya pilihan) di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan beralih ke tabel peserta didik keluar yang dengannya alasan sesuai pilihan.
106. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa masuk ataupun pindahan dari sekolah lain bagaimana? Tambahkan peserta didik semisal prosedur awal diinputkan sesuaikan yang dengannya surat mutasi ataupun pindahnya, mampu melalui tambah peserta didik secara online ataupun tambah peserta didik secara offline Jangan tidak ingat dimasukkan ke dalam rombongan belajar yang dengannya status siswa pindahan serta jenis pendaftaran pindahan di registrasi peserta didik.
107. Bagaimanakah mekanisme penambahan peserta didik baru ataupun mutasi? Prosedur tambah peserta didik baru : 1. mekanisme offline (percis yang dengannya semisal yng sebelumnya) 2. mekanisme online
  • mekanisme online ini yang dengannya mempergunakan web
  • dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
  • tujuan PD baru online agar siswa yng pernah terdaftar di server dapodik
  • bisa di tarik ke dalam software tanpa input dari awal lagi
  • prosedur ini cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa yng telah lulus dari SD ataupun mutasi dari sekolah lain
  • prosedur ini cuma mampu di eksekusi andai PD yng lama telah di mutasi / lulus dari sekolah lama
  • prosedur ini tak berlaku bagi siswa kelas 1 SD yng mengeksekusi prosedur ini merupakan sekolah baru/tujuan
Tahapan : 1) buka web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id 2) fitur mutasi/PD baru 3) cari siswa yng di maksud (didasari nama/nisn) di sekolah lama 4) pilih siswa yng di maksud serta konfirmasi 5) pastikan siswa yng dipilih sesuai yang dengannya yng dimaksud 6) lakukan sync dari software dapodik sekolah 7) siswa yng di maksud akan turun ke lokal 8) mapping siswa tsb ke dalam rombel yng sesuai 9) periksa serta lengkapi atribut yng belum lengkap 10) sync kembali serta periksa hasil nya di web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
108. Mengapa “Sts” peserta didik bertanda seru (!) serta berwarna merah?Lantaran peserta didik yang telah di sebutkan belum diregistrasikan, maka silakan registrasikan peserta didik yang telah di sebutkan sesuai tanggal masuk ke sekolahnya.
109. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa lulus bagaimana? Tak boleh dihapus, namun registrasikan siswa yang telah di sebutkan. Isi alasan keluar lantaran lulus di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan beralih ke tabel peserta didik keluar yang dengannya alasan lulus.
110. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa tinggal kelas bagaimana? Tak boleh dihapus, Masukkan siswa yang telah di sebutkan ke dalam Rombel yang dengannya pendaftaran mengulang.
111. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa yng keluar ataupun putus sekolah bagaimana ? Tak boleh dihapus, namun registrasikan siswa yang telah di sebutkan, isi alasan keluar lantaran putus sekolah di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan beralih ke tabel peserta didik keluar yang dengannya putus sekolah.
112. Kenapa data peserta didik pindahan yng sudah diinput tak mampu di-mapping ke Rombel yng seharusnya, malah terbaca menjdai siswa kelas I? Bila siswa pindahan tak mampu di-mapping ke Rombel, berguna kesalahan pada proses penambahan siswa. Pada tabel peserta didik SD terdapat dua jenis tambahan, 1 tambah siswa kelas I, serta tambah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk peserta didik pindahan Perlu dientri di tabel tambahan, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelas I dientri di tambah siswa kelas I.
113. Bagaimana andai ada kesalahan pengisian nama serta tanggal lahir siswa di tabel peserta didik ? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki kesalahan entri melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id serta login mempergunakan akun yng telah registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id.
114. Apakah PD Perlu di-mapping ulang di dalam tabel Rombel? Andai mempergunakan fasilitas action menu kenaikan kelas maka siswa tak butuh di mapping ulang yang dengannya catatan peserta didik tak diacak ataupun dirandom. Bila mempergunakan pilihan buat rombel baru maka peserta didik Perlu dimapping ulang didalam rombel.
115. Apakah penerbitan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) masih mempergunakan Aplikasi Dapodik? Ya. Mekanisme pengumpulan datanya masih tetap yang dengannya Aplikasi Dapodik serta vervalpd.
116. Andai ada siswa yang mutasi (pindah sekolah ataupun baru), bagaimana mekanismenya? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa yng mutasi serta lulus dari SD mampu mempergunakan fasilitas mutasi online yng terdapat di profil sekolah sesudah login menjdai operator sekolah di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, yang dengannya syarat siswa yang telah di sebutkan telah dimutasikan ataupun diluluskan dari sekolah asal.
117. Bagaimana andai PTK yang telah di sebutkan keluar ataupun mutasi dari sekolah induk? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk PTK yng keluar/mutasi dari sekolah induk tak boleh langsung dihapus, namun PTK yang telah di sebutkan Perlu diubah di penugasannya. Di sana terdapat beberapa pilihan di antaranya: PTK keluar lantaran mutasi, pensiun, wafat, dll. Isi juga tanggal keluar ataupun mutasinya.
118. Bagaimana mekanisme andai ada kesalahan penulisan Nama, tanggal Lahir, NUPTK pada data PTK? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki kesalahan entri melalui vervalptk.data.kemdikbud.go.id serta login mempergunakan akun yng telah registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id.
119. Apakah pengisian data rinci Perlu per bulan ataupun per semester? Setiap data rinci itu diisi bila ada perubahan, baik itu per bulan maupun per semester, disesuaikan yang dengannya kondisi riil di lapangan. Terdapat di tabel Action Menu, mampu dipilih lanjutkan data periodik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah pengerjaan.
120. Kenapa data info GTK saya tak mampu dicek? Lantaran ada perbedaan data Nomor Unik Pendidik serta Tenaga Kependidikan (NUPTK), nama PTK, serta tanggal lahir yng dientri di Aplikasi Dapodik yang dengannya database Pusat.
121. Mengapa disaat mengecek data PTK di info GTK data sekolah induk tak didapati? Ada dua mungkin. Pertama, PTK yang telah di sebutkan terdaftar menjdai PTK induk di dua sekolah. Kedua, PTK yang telah di sebutkan tak dipilih sekolah induknya.
122. Kenapa masa kerja golongan ataupun pangkat PTK tak sesuai yang dengannya yng dientrikan? Masa kerja golongan ataupun pangkat diambil dari tabel riwayat pangkat serta golongan pada Tanggal Mulai Tugas (TMT) golongan ataupun pangkat. Bila TMT Golongan lebih muda dari Pangkat, maka Masa Kerja Golongan yng diambil. Namun bila TMT Pangkat lebih muda, maka Masa Kerja Golongan yng diambil.
123. mengapa pada era ganti PTK serta Save tak sukses muncul keterangan “field masih ada yng merah’’? ini umumnya terlaksana pada sekolah swasta, ubah status pegawaian menjadi PNS serta cek kembali pada isiannya semisal NIP, SK CPNS, SK PNS andai masih ada yng merah dihapus, sesudah itu pilih kembali ke status pegawainnya yng asli semisal GTY.
124. Apakah PTK Perlu di-mapping ulang di dalam tabel Rombel? PTK Perlu dimapping kembali didalam rombel lantaran dipembelajaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk semester yng saat ini kosong kembali
125. Andai ada PTK yang mutasi (pindah sekolah ataupun baru), bagaimana mekanismenya? Silakan diinputkan sesuaikan yang dengannya surat mutasi ataupun pindahnya.
126. Bagaimana tatacara membuat rombongan belajar (Rombel)? Percis semisal tahun sebelumnya. Akan tetapi andai Rombel yang telah di sebutkan berlanjut ke tingkat selanjutnya, genakan fasilitas kenaikan kelas yang dengannya asumsi siswa tetap, tak di tak terencana ataupun random. Akan tetapi andai diacak kembali, maka buatlah Rombel baru semisal prosedur awal.
127. Kurikulum apa saja yng dipilih? Sesuai yang dengannya ketentuan dari puspurdik sekolah yng terdaftar menjdai pemakain kurikulum 2013 mampu tetap mempergunakan kurikulum yang telah di sebutkan, namun bila tak terdaftar sekolah Perlu mempergunakan kurikulum KTSP.
128. Bagaimana tatacara pengaturan Jumlah Jam Mengajar (JJM) di dalam Rombel? Ikuti aturan pada pengaturan jam sesuai yang dengannya aturan menteri ihwal kurikulum serta pelajari modul validasi pengisian data PTK dari Direktorat GTK (Guru serta Tenaga Kependidikan)
129. Mengapa isian Rombel di tabel peserta didik tak mampu diedit? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengedit isian Rombel pada tabel peserta didik, lakukan registrasi berlebi dahulu bila peserta didiknya belum diregistrasi. Sesudah itu klik tabel rombongan belajar, pilih kelas, lalu klik anggota Rombel. Lantas pilih nama serta mapping ke Rombel ya. Sesudah itu lakukan refresh yang dengannya tatacara menekan tombol ctrl+f5.
130. Apakah Rombel Perlu dihapus bagi atau bisa juga dikatakan untuk merubah KTSP 2006 ke Kurikulum 2013, begitu pula sebaliknya? Tak. Cukup yang dengannya mengganti kurikulumnya saja serta mengedit kembali pembagian PTK Mengajar sesuai yang dengannya struktur kurikulum yng dipakai.
131. Bagaimana langkah mengganti kurikulum agar tak butuh menghapus Rombelnya?
  • Silakan pilih Rombelnya, ubah kurikulum yng sesuai yang dengannya mengklik kolom kurikulum. Sesudah diganti, klik simpen.
  • Refresh ataupun tekan CTRL + F5.
  • Klik Rombelnya, lalu klik pembelajaran .
  • Sesudah muncul pembelajarannya, silakan suting sesuai yang dengannya struktur kurikulum yng dipakai baik itu KTSP ataupun Kurikulum 2013 lalu klik simpen.
  • Andai Kurikulum 2013 SMP diganti ke KTSP SMP, selain mengganti pembagian jam mengajar pula Perlu menghapus mata pelajaran prakarya.
  • Andai KTSP SMP diganti ke Kurikulum 2013 SMP (sekolah terpilih Kurikulum 2013 SMP), hapus mata pelajaran TIK.
132. Andai siswa memperoleh kiriman kartu KIP, apa yng Perlu di lakukan? Inputkan nomor kartu KIP didalam software Dapodik lalu sinkronkan ke server. Direktorat Pembinaan SD/SMP/SMA/SMK akan melakukan verifikasi serta menerbitkan SK kepada siswa yng mendapatkan selanjutnya pihak bank yng ditunjuk akan melakukan pencairan dana PIP sesuai yang dengannya SK yng diterbitkan.
133. Di software Dapodik mendapatkan kiriman nomor KIP secara otomatis dari server pusat, sedangkan no. KIP yang telah di sebutkan berbeda yang dengannya kertu yng diterima. Apa yang Perlu di lakukan? Rubah isian nomor KIP di software dapodik dari pusat yang dengannya nomor KIP sesuai yang dengannya kartu yng diterima.
134. Andai nama yng tertera di KIP berbeda yang dengannya nama yng sebetulnya, apa yng Perlu di lakukan? Isi di kolom isian "nama yang tertera di kartu" di tabel peserta didik, bagi atau bisa juga dikatakan untuk diprogramkan cetak ulang kartu.
135. Semula isian nomor KIP bergabung yang dengannya isian di kolom KPS/PKH/KKS. Apa yng Perlu di lakukan? Secara system nomor KIP yng bergabung di kolom KPS/PKH/KKS akan dimigrasikan secara otomatis ke kolom nomor KIP, akan tetapi andai masih didapati belum beralih maka pindahkan nomor isian yang telah di sebutkan ke kolom nomor KIP.
136. Andai siswa mendapatkan kiriman kartu KIP akan tetapi menolak yang dengannya alasan tertentu, apa yng Perlu di lakukan? Isi alasan menolak KIP di software Dapodik pada tabel peserta didik yang dengannya memilih alasannya (menolak, telah bisa atau mampu, dilarang pemda lantaran mendapatkan bantuan serupa).
137. Andai ada anak miskin tak mempunyai kartu KIP/PKH/KKS/KPS akan tetapi ingin diusulkan mendapatkan bantuan dana PIP, apa yng Perlu di lakukan? Isi kolom layak PIP sesuai yang dengannya kriterianya di software Dapodik.
138. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeriksa hasil inputan terkait PIP, apa yng Perlu di lakukan? Manfaatkan fasilitas export yng tersedia di tabel peserta didik. Periksa kembali isian nomor KIP serta kelayakan PIP.
139. Nama Peserta Didik Kosong ataupun tanpa hurup vocal - Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada software dapodik bila didapati nama yng tak sesuai lakukan editing data - Sesudah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berganti.
140. Nama Peserta Didik yang dengannya ciri baca ataupun symbol - Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada software dapodik bila didapati nama yng ada ciri baca ataupun simbolnya lakukan editing data - Sesudah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berganti.
141. Belum pernah sinkron - Sekolah belum pernah melakukan sinkronisasi ataupun pengiriman data ke server, menjadikan data deserver kosong.
142. Belum sinkron 20142 - Login ke software dapodik pilih periode Genap 2014/2015 cek kembali data-datanya klik validasi serta lakukan sinkronisasi.
143. Sinkron yang terakhir = 20132 - Sekolah terkahir melakukan sinkronisasi pada periode genap 2013/2014, lakukan updateing software dapodik, cek datanya serta lakukan sinkronisasi agar validasinya hilang.
144. Sinkron yang terakhir < 20132 - Sekolah terkahir melakukan sinkronisasi pada periode ganjil 2013/2014, lakukan updateing software dapodik, cek datanya serta lakukan sinkronisasi agar validasinya hilang.
145. Rombel tanpa wali kelas - Login ke software dapodik klik rombongan belajar cek setiap rombel bila didapati rombel tanpa wali kelas silahkan suting, sesudah selesai sinkronkan datanya.
146. Bukan pelaksana Kurikulum 2013 – pilihan kurikulum salah - Sekolah bukan adalah pelaksana kurikulum 2013 akan tetap memilih kurikul 2013, maka sekolah Perlu merubah kurikulum yng dipakai pada software dapodik yang dengannya mengubahnya ke Kurkulum KTSP.
147. Status honor mengisi pangkat serta golongan - Masuk ke software dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK honorer yng terdeteksi mempunyai pangkat serta golongan klik ganti cek di tabel Riwayat Kepangkatan bila terisi silahkan hapus datanya. - Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
148. PNS pangkat serta golongan kosong - Masuk ke software dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yng terdeteksi pangkat serta golongan kosong klik ganti cek di tabel Riwayat Kepangkatannya lengkapi data kepangkatannya sesuai yang dengannya SK Kepangkatan yng dimiliki oleh PTK yang telah di sebutkan. - Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
149. PNS NIP kosong - Masuk ke software dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yng terdeteksi NIP kosong klik ganti cek data PTK pada kepegawaian lalu cek NIP nya lengkapi data NIP sesuai yang dengannya data yng dimiliki oleh PTK yang telah di sebutkan. - Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
150. Nama PTK Kosong ataupun tanpa hurup vocal - Cek kembali nama PTK di tabel utama pada software dapodik bila didapati nama yng tak sesuai lakukan editing data - Sesudah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berganti.
151. Nama PTK yang dengannya ciri baca ataupun symbol - Cek kembali nama PTK di tabel utama pada software dapodik bila didapati nama yng ada ciri baca ataupun simbolnya lakukan editing data - Sesudah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berganti.
152. Usia PTK tak wajar - Masuk ke software dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK yng terdeteksi mempunyai usia tak wajar, klik ganti cek data PTK pada data tanggal lahirnya ganti tanggal lahirnya diaplikasi dapodik lengkapi datanya sesuai yang dengannya data yng dimiliki oleh PTK yang telah di sebutkan. - Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
153. Kepsek belum dipilih - Bila pada beranda software dapodik terdeteksi Kepsek belum dipilih maka cek ditabel PTK klik nama PTK yng menjabat menjdai kepala sekolah lalu cek tugas tambahan ptk yang telah di sebutkan bila masih kosong silahkan isi sesuai yang dengannya sk kepala sekolahnya. - Bila tugas tambahan telah terisi namun masih tervalidasi cek diisi table tugas tambahan pada kolom ‘TST’ bila terisi pengertiannya terhitung selesai tugas berguna telah tak menjabat menjdai kepala sekolah maka hapus TST yang telah di sebutkan sesudah itu refresh / tekan ctrl+f5 lalu cek dibranda ya.
154. Kepsek Ganda - Bila pada beranda software dapodik terdeteksi Kepsek terhitung lebih dari 1 berguna terdapat 2 PTK yng mempunyai tugas tambahan menjdai kepala sekolah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yng telah tak menjabat kembali menjdai Kepala sekolah, klik ganti cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan serta isi sesudah itu sesudah itu refresh / tekan ctrl+f5 Sesudah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yng sudah dirubah bisa turun ke software.
155. Jumlah Kepala Lab lebih dari yng sudah ditentukan - Bila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Lab lebih dari yng sudah ditentukan berguna terdapat lebih dari 1 PTK yng mempunyai tugas tambahan menjdai kepala Lab, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yng telah tak menjabat kembali menjdai Kepala Lab, klik ganti cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan serta isi sesudah itu sesudah itu refresh / tekan ctrl+f5. Sesudah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yng sudah dirubah bisa turun ke software.
156. Jumlah Kepala perpus lebih dari yng sudah ditentukan - Bila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Perpustakaan lebih dari yng sudah ditentukan berguna terdapat lebih dari 1 PTK yng mempunyai tugas tambahan menjdai kepala Perpustakaan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yng telah tak menjabat kembali menjdai Kepala Perpustakaan, klik ganti cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan serta isi sesudah itu sesudah itu refresh / tekan ctrl+f5. Sesudah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yng sudah dirubah bisa turun ke software
157. Nama sekolah percis disatu kecamatan - Berguna ada lebih dari 1 nama sekolah yng percis maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk merubahnya hubungi dinas kab/kota setempat ataupun menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai yang dengannya kondisi disekolah. Sesudah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yng sudah dirubah bisa turun ke software.
158. Bentuk pendidikan salah - Bila terdeteksi bentuk pendidikan salah hubungi dinas kab/kota setempat ataupun menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai yang dengannya kondisi disekolah. Sesudah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yng sudah dirubah bisa turun ke software.
159. NPSN ganda - Bila NPSN terdeteksi ganda berguna dalam 1 kecamatan ada 2 sekolah memakai NPSN yng percis maka segera hubungi dinas kab/kota bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperbaiki sesudah itu lakukan sync bagi atau bisa juga dikatakan untuk data perubahannya.
160. Status sekolah salah - Bila terdeteksi status sekolah salah hubungi dinas kab/kota setempat ataupun menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai yang dengannya kondisi disekolah. Sesudah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yng sudah dirubah bisa turun ke software.
161. Indikasi sekolah tutup ataupun merger - Bila sekolah terdeteksi tutup ataupun merger namun dilapangan masih aktif segera hubungi dinas kab/kota setempat ataupun menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai yang dengannya kondisi disekolah.
162. Nomor rekening BOS kosong - Login ke Aplikasi dapodik cek ditabel sekolah apakah telah terisi ataupun belum nomor rekeningnya, bila telah diperbaiki serta disinkronkan namun hasil nya diaplikasi masih belum terisi maka lakukan langkah berikut - Lakukan generate ulang prefill yng baru, registrasikan yang dengannya prefill baru yang telah di sebutkan yang dengannya username serta password berbeda ataupun percis (tak masalah); - Lalu cek kembali ditabel sekolahnya serta diisi nomor rekening BOS nya.
163. Rombel ganda (Tingkat serta Nama rombel percis) - Lakukan generate ulang prefill yng baru, registrasikan yang dengannya prefill baru yang telah di sebutkan yang dengannya username serta password berbeda ataupun percis (tak masalah); - Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yng berganda yang telah di sebutkan; - Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, lantas Rombel bisa dihapus. Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik versi Tahun Ini Tahun Ini-07-31T21:33:00+07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dapodik Center

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.dapodikcenter.com/2016/07/menjawab-pertanyaan-seputar-aplikasi.html

Seputar Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik versi Tahun Ini

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik versi Tahun Ini