[Dapodikmen] Segera Lengkapi Data Siswa Baru Tahun Ini

- 19.00

[Dapodikmen] Segera Lengkapi Data Siswa Baru Tahun Ini

 
Meneruskan berita dari Admin Dapodikmen yng sudah di posting di situs dapodikmen
Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodikmen di Seluruh Nusantara
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sesudah melakukan proses Update Data di Tahun Ini, maka dilanjutkan yang dengannya memasukkan data siswa baru hingga yang dengannya siswa yang telah di sebutkan aktif di dalam rombongan belajar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu kami akan melanjutkan tatacara berupa penjelasan perubahan pada Perangkat lunak Dapodik SMA SMK 8.2.0 pada Data Peserta Didik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Data Peserta Didik pada Perangkat lunak Dapodik SMA SMk 8.2.0, atribut data yng dihitung menjdai persyaratan kualitas data merupakan: 1. NISN 2. NIK 3. Desa/Kelurahan 4. Kode pos 5. Tempat Tinggal 6. Alat Transportasi 7. Nomor HP 8. Email 9. No KPS (bila mendapatkan) 10. Nama Ayah 11. Tahun Lahir Ayah 12. Jenjang Pendidikan Ayah 13. Pekerjaan Ayah 14. Penghasilan Ayah 15. Nama Ibu Kandung 16. Tahun Lahir Ibu 17. Jenjang Pendidikan Ibu 18. Pekerjaan Ibu 19. Penghasilan Ibu 20. NIPD / NIS 21. No. SKHUN
Satu dari sekian banyaknya perubahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk data Peserta Didik pada Perangkat lunak Dapodik SMA SMK 8.2.0 merupakan pada Data Identitas Peserta Didik. Pada Perangkat lunak Dapodik SMA SMK 8.2.0 data nama, tanggal lahir, serta nama ibu kandung sesudah pengisian data awal serta disimpan maka data-data yang telah di sebutkan menjadi disable/tak aktif serta tak bisa lagi diubah/suting pada software.
Perlakuan : Andaikan terdapat kesalahan pada data nama, tanggal lahir, serta nama ibu kandung maka pengubahan/suting bisa di lakukan lewat menu suting data pada vervalPD pada laman: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id Langkah-langkahnya menjdai berikut:
  1. Akses laman: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id serta login mempergunakan akun yng sudah diregistrasi pada laman : http://sdm.data.kemdikbud.go.id
  2. Masuk ke tab “Edit Data”, lantas ke menu “Pengajuan” pilih “Nama dan tanggal lahir”.
  3. Klik pada tombol “pilih Siswa” maka ditampilkan list daftar Siswa, silahkan pilih pada data siswa yng akan diedit lantas klik tombol OK.
  4. Maka ditampilkan Form Pengajuan Perubahan Nama serta Tanggal Lahir, dimana ditampilkan data-data siswa hasil sinkronisasi dari Perangkat lunak Dapodik yang dengannya keterangan “LAMA” (misalnya Nama lama).
  5. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan suting data, maka masukkan data baru/data perubahan pada kolom yang dengannya keterangan tambahan “BARU” (misalnya Nama Baru).
  6. Lantas lampirkan dokumen pendukung terhadap perubahan data ini pada kolom “Dokumen Perubahan”. Pilih file dokumen yng sudah disiapkan selanjutnya klik pada tombol “Pengajuan Perubahan”
  7. Sesudah beberapa waktu lakukan cek status pengajuan suting data bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui apakah telah disetujui oleh Admin di PDSP, lewat menu “ Edit Data” serta masuk ke “Status”.
  8. Andaikan statusnya sudah disetujui, maka selanjutnya cek data pada Manajemen Dapodikmen yang dengannya mengakses laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ lantas masuk ke menu “Login Operator”.
  9. Silahkan lakukan pengecekan pada data Peserta Didik, apakah perubahan data yng di lakukan pada vervalPD sudah terupdate.
  10. Andai data Peserta Didik pada laman : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ telah update, maka lakukan sinkronisasi agar perubahan menjdai hasil pengeditan di vervalPD yang telah di sebutkan turun ke Perangkat lunak Dapodik SMA SMK 8.2.0

Perhatian: Prosedur VervalPD pada laman: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ terus di lakukan penyesuaian serta penyempurnaan, oleh karenanya andai dikemudian hari terlaksana perubahan pada menu ataupun prosedur didalamnya, maka tatacara ini akan kami sesuaikan yang dengannya perubahan yang telah di sebutkan.
Demikian tatacara entri data seputar Data Peserta Didik pada Perangkat lunak Dapodik SMA SMK 8.2.0. Pada seri selanjutnya kami akan berikan tatacara entri data bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis data lain-lainnya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam Satu Data, Admin Dapodik SMA-SMK [Dapodikmen] Segera Lengkapi Data Siswa Baru Tahun Ini Tahun Ini-08-27T10:33:00+07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dapodik Center

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.dapodikcenter.com/2015/08/dapodikmen-segera-lengkapi-data-siswa.html

Seputar [Dapodikmen] Segera Lengkapi Data Siswa Baru Tahun Ini

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain [Dapodikmen] Segera Lengkapi Data Siswa Baru Tahun Ini