Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP)
Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP) | Referensi terbaru di 2017 via web Cara Dapodik. Rekomendasi konten lengkap terbaik. - Cara Dapodik. Artikel ini di beri judul Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP). Konten ini untuk anda pembaca setia https://cara-dapodik.blogspot.com/. Bagikan juga postingan Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP) terbaru ini ke media kalian. Supaya blog seputar Cara Dapodik dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Cara Dapodik di 2017 ini. Langsung saja baca dan simak mengenai Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP) di bawah ini dari situs web Cara Dapodik.
Penjelasan di bawah ditulis oleh Pak Nazarudin (admin GTK Kemdikbud) bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjawab banyaknya pertanyaan OPs Dapodikmen mengenai tatacara pengisian Pembelajaran (JJM) di Software Dapodikmen yng benar, lantaran selama ini di INFO GTK selalu salah.
PENJELASAN Selain linieritas bidang studi yng diajarkan yang dengannya sertifikat pendidik, syarat lain yng Perlu dipenuhi agar jumlah jam linier tak berangka 0 merupakan komposisi pengaturan jadwal mengajar. Jumlah jam belajar dalam sebuah rombel tak boleh melebihi ketetapan yng sudah di tentukan, masing-masing jenjang serta tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu taklah percis.
Ada beberapa jenis kelompok mata pelajaran (saya menyebutnya jenis jjm, jadi kalo kelak saya salah ketik merujuk kesini ya). Jenis kelompok mata pelajaran yng ada pada kurikulum SMA KTSP akan berbeda pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk SMA K13, jenisnya merupakan :
- Wajib/Umum
- Peminatan/Jurusan.
- Tambahan Wajib.
- Tambahan
1. Wajib/Umum Kelompok mata pelajaran ini merupakan kelompok mata pelajaran yng wajib diajarkan pada jurusan serta tingkatan tertentu. jumlah maksimum JJM wajib merupakan sbb :
Andai pengisian rombongan belajar yang dengannya jenis jjm wajib melebihi batasan yang telah di sebutkan, maka rombel yang telah di sebutkan akan dianggap tak normal. Efek dari ketidaknormalan rombel merupakan jumlah jam mengajar linier bagi guru yng telah sertifikasi merupakan 0, meskipun guru yang telah di sebutkan telah mengajar sesuai antara mapel yng diajarkan yang dengannya sertifikasi pendidiknya. Andai menemui kasus semisal ini, maka berkoordinasilah yang dengannya wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah serta para guru yng terlibat didalam rombel yang telah di sebutkan.
2. Peminatan/Jurusan Kelompok mata pelajaran ini merupakan kelompok mata pelajaran sesuai yang dengannya jurusan yng dipilih, masing-masing jurusan mempunyai mata pelajaran yng berbeda meskipun mungkin ada beberapa matapelajaran yng percis.
Jumlah maksimum JJM peminatan/jurusan merupakan sbb : Percis semisal jenis jjm wajib, andai pengisian rombongan belajar yang dengannya jenis jjm peminatan melebihi batasan yang telah di sebutkan, maka rombel yang telah di sebutkan akan dianggap tak normal. Efek dari ketidak normalan rombel merupakan jumlah jam mengajar linier bagi guru yng telah sertifikasi merupakan 0, meskipun guru yang telah di sebutkan telah mengajar sesuai antara mapel yng diajarkan yang dengannya sertifikasi pendidiknya. Andai menemui kasus semisal ini, maka berkoordinasilah yang dengannya wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah serta para guru yng terlibat didalam rombel yang telah di sebutkan.
3. Tambahan Wajib Kelompok mata pelajaran tambahan wajib ataupun jjm tambahan wajib, kadang masih tidak sedikit yng salah memahami. Yng dimakaud yang dengannya tambahan wajib bukanlah sesuatu yng di wajibkan, namun satu pilihan yng boleh diambil oleh sekolah andai ada mata pelajaran yng tidak lebih mencukupi jumlah jam belajar perminggu sesuai yang dengannya peraturan kurikulum.
Jumlah jam yng boleh di tambahkan pada kelompol tambahan wajib maksimum cuma 4 jam. Angka 4 jam ini tak bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu mata pelajaran, namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk jumlah jam seluruh mata pelajaran yng dimasukan dalam kelompol mata pelajaram tambahan wajib.
Percis semisal jenis jjm wajib, andai pengisian rombongan belajar yang dengannya jenis jjm tambahan wajib melebihi batasan yang telah di sebutkan, maka rombel yang telah di sebutkan akan dianggap tak normal. Efek dari ketidak normalan rombel merupakan jumlah jam mengajar linier bagi guru yng telah sertifikasi merupakan 0, meskipun guru yang telah di sebutkan telah mengajar sesuai antara mapel yng diajarkan yang dengannya sertifikasi pendidiknya. Andai menemui kasus semisal ini, maka berkoordinasilah yang dengannya wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah serta para guru yng terlibat didalam rombel yang telah di sebutkan.
4. Tambahan Masalah yng timbul dilapangan lantas merupakan adanya mata pelajaran yng diajarkan disekolah namun tak ada matapelajaran didalam kurikulum, semisal matapelajaran kedaerahan ataupun kekhususan menjdai tanda khas.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mata pelajaran yang telah di sebutkan dimasukan dalam kelompok matapelajaran tambahan. Kelompok matapelajaran tambahan tak berpengaruh apapun terhadap penghitungan jam pada rombel
Sesudah jumlah maksimum masing-masing kelompok mata pelajaran tak terlebih, maka selanjutnya butuh pula diketahui bahwasanya jumlah masing-masing kelompok mapel tadi akan di akumulasi pada jumlah jam maksimum pada rombel secara keseluruhan dalam seminggu.
Andai jumlah Jam maksimum rombel melebihi dari jumlah yng sudah ditetapkan dalam kurikulum SMA KTSP (kurikulum tahun 2006), maka rombel yang telah di sebutkan dinyatakan tak normal. Efek dari ketidak normalan rombel merupakan jumlah jam mengajar linier bagi guru yng telah sertifikasi merupakan 0, meskipun guru yang telah di sebutkan telah mengajar sesuai antara mapel yng diajarkan yang dengannya sertifikasi pendidiknya.
Andai menemui kasus semisal ini, maka berkoordinasilah yang dengannya wakil kepala

sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah serta para guru yng terlibat didalam rombel yang telah di sebutkan.
Sekedar saran saja, pengisian jumlah jam mengajar pada masing-masing rombel di kurikulum SMA KTSP bisa dilihat dibawah ini.
Ingat ini cuma saran,.. komposisi jumlah jam disesuaikan yang dengannya peraturan kurikulum yng berlaku.
Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP) Tahun Ini-04-04T10:18:00+07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dapodik Center
Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.dapodikcenter.com/2016/04/validasi-pengisian-jjm-dapodikmen-pada.html
Seputar Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP)
Terima kasih telah membaca Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP). Semoga pos dari situs web Cara Dapodik berguna dan memberi manfaat. Baik untuk anda dan buat website
Cara Dapodik. Silakan berbagi ulasan Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP) tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Cara Dapodik melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog Cara Dapodik untuk mendapat info lengkap terbaru 2017. Lalu baca pembahasan selain dari : Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP) yang lebih terupdate lengkap dan free. Atau simak artikel gratis terkait dari situs web Cara Dapodik di bawah. Demikan dan sekian tentang Validasi Pengisian JJM Dapodikmen pada INFO GTK (bagian 1: SMA KTSP). Dan Assalamualaikum pembaca Cara Dapodik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar